Selasa, 08 Desember 2015

Kota asal ku






     
Kabupaten Indramayu
Locator kabupaten indramayu.png Peta lokasi Kabupaten Indramayu
  107"51'-108"36' Bujur Timur dan 6"15' - 6"40' Lintang Selatan














Kabupaten Indramayu adalah salah satu kabupaten Kabupaten Indramayu terdiri atas
33 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 315 desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Indramayu. Hari jadi Kabupaten Indramayu ditetapkan pada tanggal 7 Oktober 1527.

Indramayu selalu dilintasi jalur pantura, yakni jalur utama dan terpadat di Pulau Jawa, terutama pada musim mudik lebaran. Kabupaten ini juga dilintasi oleh jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa, dengan salah satu stasiun terbesarnya adalah st. jatibarang yang berada di kota Jatibarang, sekitar 19 km ke selatan dari pusat Kota Indramayu.

Indramayu berada di Jawa Barat yang biasanya adalah Pasundan yang berbudaya dan berbahasa Sundaan, namun sebagian besar penduduk Indramayu mempergunakan Bahasa cirebon dialeg Indramayu, masyarakat sekitar menyebutnya dengan Basa Dermayon, yakni dialek Bahasa Cirebon yang hampir serupa dengan
Bahasa Cirebon yang dipergunakan di wilayah pusat Keraton Cirebon di Kota Cirebon, dalam Bahasa Cirebon dialek Indramayu tata bahasanya terbagi menjadi dua yakni Basa Besiken (dipergunakan untuk berbicara dalam tatanan resmi dan menghormati lawan bicara) dan Basa Ngoko (dipergunakan sehari-hari dalam pergaulan). Di bagian selatan dan barat daya kabupaten ini, beberapa wilayah menggunakan bahasa sunda, mengingat sejarah kabupaten Indramayu yang dulu pernah masuk kedalam wilayah Kerajaan Galuh dan Sumedang Larang di Wilayah Selatan, sehingga mempengaruhi masyarakatnya berbahasa Sunda Khas Indramayu yang disebut Sunda Parean.

Nama Indramayu berasal dari nama Nyi Endang Darma Ayu

Seni dan Budaya

di Indramayu salah satu seninya adalah :

Berokan

Berokan adalah yang mirip dengan barongsai yang diadakan setiap hari raya Idul Fitri, tepatnya setelah sholat hari raya. Biasanya yang menjadi berokan memakai topeng menyeramkan dan baju berupa kurungan namun ada juga yang berbentuk lucu. Pengiringnya ada dua, yang pertama adalah yang meminta beras kepada warga dan yang kedua adalah sekelompok orang yang memainkan alat musik. Cara memanggilnya yaitu dengan berteriak "galak, gloak" maka sang berokan akan mengejar siapapun yang memanggilnya. Berokan ini akan berkeliling kampung mulai dari hari pertama Idul Fitri sampai 2 atau 3 hari sesudahnya.





Kuliner
Kuliner Indramayu tak jauh beda dengan kuliner Cirebon, di samping mempunyai kuliner khas Cirebonan yakni khas daerah Indramayu dan Cirebon, Indramayu juga punya beberapa kuliner khas Dermayonan yakni khas Indramayu.
  1. Pedesan Entog
    Kuliner ini khas Dermayonan, terbuat dari daging itik atau entog yang diracik dengan bumbu pedas yang khas.
Cara membuat pedesan entog :

    Bahan-bahan

    1. 1/2 ekor Entog/Mentok/Bebek
    2. 1 buah Tomat
    3. 4 lembar Daun Jeruk
    4. 3 batang Serai
    5. 5 sendok makan Kecap Manis
    6. 1 liter Air
    7. 10 buah Cabai Merah
    8. 10 buah Bawang Merah
    9. 5 siung Bawang Putih
    10. 3 cm Kunyit
    11. 5 cm Lengkuas (Laos)
    12. 5 buah Kemiri
    13. secukupnya Garam
    14. 4 sendok makan Minyak Goreng


    Langkah

    1. Didihkan air, masukkan entog. Rebus entog setengah matang.
  1. Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, kemiri lalu tumis bumbu halus, daun jeruk, sereh dan tomat hingga matang.
  2. Masukkan ke dalam rebusan entog
    Tambahkan kecap, aduk rata. Masak hingga entog empuk dan air berkurang –tambah air sedikit jika entog belum empuk.
  3. Tambahkan garam, aduk rata, masak hingga mendidih dan kuah cukup kental. Angkat dan sajikan hangat
 

    Hasil bumi

    Hasil bumi Indramayu adalah padi, walaupun bukan penghasil padi terbesar, namun masyarakat Indramayu umumnya memiliki mata pencarian sebagai petani, dan sebagian besar wilayah Indramayu merupakan lahan pertanian, bahkan bisa ditemukan persawahan walaupun berada di pusat kota Indramayu.
    Selain padi, hasil bumi yang paling terkenal adalah Mangga, jenis mangga khas Indramayu sendiri disebut Mangga Cengkir oleh masyarakat setempat. Mangga ini terkenal enak dan manis, tak ayal di sepanjang jalur utama Indramayu banyak pedagang buah mangga sebagai oleh-oleh khas Indramayu. Dari hasil bumi yang satu inilah, Indramayu mendapat julukan sebagai Kota Mangga. Memang tak afdol rasanya jika berkunjung ke Indramayu tanpa membeli atau mencicipi mangga Indramayu.
    Indramayu juga terkenal kaya akan sumberdaya migas, salah satu kilang minyak besar yang ada di Indramayu adalah Kilang Minyak Balongan yang berada di kecamatan balongan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar